3 Persiapan Pernikahan yang Harus Disiapkan Terlebih Dahulu

Mei 21, 2024

3 Persiapan Pernikahan yang Harus Disiapkan Terlebih Dahulu

3 Persiapan Pernikahan yang Harus Disiapkan Terlebih Dahulu

Bagi pasangan, menikah merupakan momen yang paling ditinggu dimana dua insan yang berbeda bisa dipersatukan dan tak boleh dipisahkan. Namun untuk menuju pelaminan, diperlukan persiapan pernikahan yang sangat matang dan pasti sehingga kelancaran acara berjalan dengan baik. Membuat momen pernikahan tak bisa hanya dilakukan sekejap saja sehingga diperlukan rencana matang untuk mewujudkannya menjadi pernikahan idaman.


Persiapan Pernikahan yang Harus Dipertimbangkan

Setidaknya ada tiga hal penting yang dalam rencana persiapan pernikahan yang perlu dipertimbangkan dan dipikirkan yaitu:


1. Menentukan tanggal

Sebenarnya semua hari baik dan tidak ada hari yang buruk ataupun membawa sial. Namun para orang tua masih tetap memegang teguh adat para leluhur bahwa hanya terdapat beberapa hari tertentu saja yang dianggap tepat untuk menggelar acara pernikahan. Tak hanya berlaku di pulau jawa saja, bahkan hampir semua orang di seluruh Indonesia memiliki adatnya sendiri dalam menentukan tanggal pernikahan. Dua keluarga harus dipertemukan karena pernikahan melibatkan keluarga yang berbeda. Jangan sampai salah satu pihak yang memutuskan tanggalnya begitu saja tanpa memikirkan pihak lain. Biasanya pernukahan digelar pada akhir pekan sehingga tak bentrok dengan orang lain yang bekerja. Bila adat jawa, seringkali menetapkan tanggal pernikahan berdasarkan primbon dan melihat weton pasangan. Selain itu, neptu juga masih dipegang teguh beberapa orang dengan menghitung jumlah huruf dari nama calon pengantin dengan tanggal, bulan dan tahun lahir.


2. Menentukan gedung pernikahan

Setelah tanggal pernikahan telah ditetapkan, maka langkah berikutnya adalah menentukan lokasi atau gedung yang menjadi tempat pagelaran resepsi pernikahan. Namun kembali lagi jika kedua keluarga harus berembuk untuk menentukan lokasi. Sebaiknya pilihlah gedung yang dekatĀ  dengan rumah sehingga bisa datang dengan cepat dan tepat waktu. Bila memilih gedung yang jauh, maka Anda akan membuang warna waktu lebih lama di perjalanan dan belum tentu jika jalanan lengang. Siapa tahu terjadi kemacetan di sepanjang perjalanan yang mungkin akan menghambat jalannya acara pernikahan Anda. Sesuaikan lokasi dengan budget yang tersedia dikarenakan kebutuhan lainnya untuk pernikahan masih banyak.


3. Mengurus administrasi surat nikah

Hal yang paling penting adalah mengurus surat-surat nikah karena menikah juga perlu didaftarkan menurut agama dan juga hukum. Bila Anda menikah tanpa adanya surat, maka pernikahan dianggap tak sah. Hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu adalah mempersiapkan kelengkapan dokumen berupa KTP, KK, pas foto, surat pengantar dari RT, surat penyataan masih lajang, dan beberapa dokumen lainnya. Sedikit ribet dalam mengurus surat nikah namun bila telah selesai melakukannya, maka Anda akan merasakan kepuasan sendiri dan sudah lebih dekat menuju hari H.


Dengan mengetahui persiapan pernikahan secara detail dan rinci, maka diharapkan Anda bisa menggelar acara sakral yang sangat diimpikan sejak lama dengan lancara dan baik.

Share:

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

Facebook